"Perumpamaan Surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertaqwa, yang didalam nya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tiada berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar(arak) yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh didalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Tuhan mereka" (Q.S.Muhammad : 15)

Menurut Umar Bin Khattab RA, seperti yang dikutip Imam Nawawi Al-Bantani dalam kitabnya "Nashaih al Ibad" ada 5 orang calon penghuni Surga yaitu:
  • Orang Fakir yang menanggung Nafkah Keluarga
Disni kita bisa menilai bahwa seseorang yang bekerja demi menghidupi keluarganya mendapat fasilitas dari Allah SWT untuk sebagai calon penghuni surga-Nya, orang fakir yang bagaimana...?, tentu seorang fakir yang ikhlas serta tulus tuk mencari nafkah buat keluarganya dengan jalan ynag halal demi menghidupi keluarganya, maka Allah akan memasukkannya sebagai salah seorang calon penghuni surga. InsyaAllah diantara kita bisa melaksanakan walaupun kita buka orang yang berada, atau boleh dikatakan hanya seorang fakir.
  • Wanita yang Suaminya Ridha Kepadanya.
Wanita yang suaminya Ridha kepadanya , bagaimana maksudnya, yaitu Seorang Istri yang selalu menjaga keutuhan keluarganya, selalu menjaga kehormatan keluarganya, wanita yang selalu bersoleh hanya untuk suaminya sehingga membuat hati suaminya senang, serta bisa menjaga aib dari suaminya atau keluarganya. ikhlas membesarkan anak2nya walaupun suaminya selalu sibuk dengan kerjaan nya.
  • Istri yang menyedekahkan mahar atau maskawin kepada suaminya.
disini seorang istri yang ikhlas memberikan mahar perkawinan nya kepada suaminya, jg termasuk calon penguni surga.
  • Anak yang Kedua Orang Tuanya Ridha kepadanya
Disini dituntut adalah seorang anak yang berbakti kepada orang tuanya, paling tidak selalu berbuat baik, dan menyayangi orang tuanya, apalagi orang tuanya sudah berusia lanjut. Sebagaimana yang terdapat pada posting ini, yang merupakan sebagian dari cara2 berbuat baik kepada kedua orang tua.
  • Orang yang bertaubat dari kesalahan nya
Bagaimana orang yang bertaubat itu disini akan anda dengar beberapa video ceramah dari KH Zainuddin MZ, dan taubat dari kesalahan itu harus disegerakan, dan sebaik-baik orang yang yang mempunyai kesalahan adalah orang yng segera bertaubat, dan tidak mengulang lagi kesalahn yang serupa.

Semoga kita bisa termasuk di antara calon penghuni surga-Nya Allah kelak termasuk kepada penulis sendiri yang masih banyak kesalahan dan dosa.. Aminn Wallahu 'alam bissyawaf.